Cara Membuat Kartu Kuning Lengkap

Unique Blog | Cara Membuat Kartu Kuning Lengkap - Cara membuat kartu kuning untuk melamar pekerjaan. Apa itu kartu kuning? Kartu kuning adalah Kartu Tanda Pendaftaran Pencari Kerja, gunanya adalah sebagai tanda bukti bahwa pencari kerja telah mendaftarkan diri pada Dinas yang bertanggung jawab dibidang Ketenagakerjaan kabupaten/Kota dan juga sebagai tanda pengenal untuk memudahkan mencari Kartu Induknya. PengisianAK/I sendiri dilakukan oleh pengantar kerja atau petugas antar kerja setelah diadakan wawancara dengan Tenaga Kerja.



Kartu Tanda Pencari KerjaAK/I(Kartu Kuning) ukurannya adalah sebagai berikut:
a. Panjang        :32 Cm
b.Tinggi           :10 Cm
c. Jenis Kerja   :Karton Logo PemdaKab/Kotatimbulwarnadasarputih.

Pembuatan Persyaratan KerjaAK/I (KartuKuning)adalah untuk melayani keperluan masyarakat yang mempunyai kepentingan mencari pekerjaan dan sebagai persyaratan mencari kerja.sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan yang diberikan oleh pegawai Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda kepada para pencalon tenaga kerja.


Persyaratan dan Cara Membuat Kartu Kuning

Ada banyak pertanyaan mengenai Kartu Kuning dan SKCK sehubungandengan dibukanya secara serentak beberapa Departemen dan LowonganPegawai Negeri Sipil (PNS), mungkin dapat disebarluaskan kepada teman-teman maupun relasi yang membutuhkan. Setelah tadi kami mencoba membuat kartu kuning Depnaker dan CKSK (dulunamanya SKKB).

Adapun syarat-syarat untk membuat Kartu Kuning :

Persiapkan Fotokopi Ijazah, Fotokopi KTP dan pas foto 3x4
• Langsung daftar ke kecamatan tempat tinggal (domisili) untukmendapatkan Kartu Kuning
• Segera setelah didapatkan Kartu Kuning, langsung dibuat copy dandilegalisirSKCK (surat Keterangan Catatan Kepolisian)Dapat dibuat di seluruh polsek - polres, namun lebih baik apabila yangberada di domisili tempat tinggal.
• Persiapkan surat keterangan dari Kelurahan. Disini dibutuhkanFotokopi KTP. GRATIS !!!
• Persiapkan juga fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi KTP dan Pas Foto4x6 3 lembar berwarna.
• Datang ke Kepolisian terdekat dengan tempat tinggal (boleh Polsek,akan lebih baik jika Polres).
• Minta blangko untuk SKCK di kantor Kas Intel (Kepala Staf Intelijen)
• Isi blanko tersebut sebenar-benarnya dan diserahkan kembali.
• Tunggu sampai selesai, lalu dicopy dan minta agar copy tersebutdilegalisir.

Pelayanan Pembuatan Persyaratan Kerja AK/1 (Kartu Kuning)

Dinas  Tenaga  Kerja merupakan unsur  pelaksana urusan  Pemerintahan di bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian. Dinas Tenaga Kerja dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung kepada Kepala Daerah melalui Sekda. Berdasarkan UU RI No. 25 Tahun  2009  tentang  pelayanan  publik,  bahwa  Negara  berkewajiban  melayani setiap warga Negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat UUD Negara RI Tahun 1945, Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik, sebagai upaya untuk mempertegas hak dan kewajiban setiap warga Negara dan penduduk serta terwujudnya tanggung jawab Negara dan korupsi dalam penyelanggaraan pelayanan publik, diperlukan norma hukum yang memberi pengaturan secara jelas. Pelayanan pembuatan Persyaratan Kerja AK/I (Kartu Kuning)   adalah   melayani   keperluan   masyarakat   yang mempunyai kepentingan mencari pekerjaan dan sebagai persyaratan mencari kerja. sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan yang diberikan oleh pegawai kantor Dinas Tenaga Kerja Kota kepada para pencalon tenaga kerja.


Bagi anda yang memang belum pernah membuat kartu kuning anda bisa membuatnya dengan cara melihat artikel berikut dalam membantu anda memiliki Kartu Kuning Pencari Kerja. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda share artikel berikut tentang Cara Membuat Kartu Kuning Lengkap.
Tag : Tips
Back To Top